Kamis, 24 Januari 2013

7 TEORI AKHIR DUNIA


Ramalan suku Maya tentang akhir dunia di 12 Desember 2012 kemarin sempat mencuri perhatian dunia. Nyatanya, bumi masih berputar mengelilingi matahari sampai saat ini, apocalypse alias akhir dunia tidak terbukti. Sebenarnya bukan hanya suku Maya ini saja yang punya teori akhir dunia. Ada banyak lagi teori kontroversial yang akhirnya tidak terbukti.

Memang kita mengalami banyak hal buruk dan mengerikan. Seperti bajir besar atau wabah menular. Tapi kenyataannya semua kejadian tersebut tidak mengakibatkan akhir dunia seperti yang diperkirakan.

  • Cancer. Sekitar 50 tahun lalu, dunia dihantui ketakutan akan penyakit kanker karena penggunaan pestisida sintetis. Bahan kimia ini dikatakan para ahli ketika itu akan mengakibatkan banyaknya manusia terserang kanker, mengurangi populasi secara signifikan, dan akhirnya kiamat bagi manusia.


  • AIDS. Obrolan soal AIDS dan HIV enggak seterbuka sekarang di tahun 1987. Ketika itu Oprah Winfrey berusaha mengangkatnya ke layar kaca. Mengatakan satu dari lima orang bisa meninggal karena AIDS. Tahun 2000 beberapa pemerhati mengatakan AIDS akan mempengaruhi keadaan politik, sosial, dan ekonomi dunia.


  • SARS. Virus yang menular dari sapi ini juga sempat heboh di Indonesia di tahun 2003. Virus ini sempat membuat 774 orang meninggal. Bahkan China dan Canada meramalkan virus ini akan menyebabkan global armageddon.

  • HOMO SAPIENS. Di tahun 60-70an banyak film Hollywood yang meramalkan akhir dunia. Salah satu penyebab yang populer dibahas adalah karena perilaku manusia yang merusak bumi dan membuat ras-nya sendiri punah. Juga karena ledakan jumlah penduduk yang menyebabkan kelaparan.

  • OIL DAN GAS. Manusia akan punah karena habisnya persediaan minyak bumi sudah jadi topik hangat tahun 50-an di Amerika. Isu ini kembali dibahas tahun 70-an. Dan semuanya meramalkan di abad ke-20 sekarang ini semua minyak bumi dan gas alam sudah habis dan manusia tidak bisa bertahan tanpanya.

  • BIRD FLU. PBB sempat mengatakan kalau flu burung bagaikan gabungan global warming dan HIV/AIDS tapi lebih cepat menular sepuluh kali lipat. Flu ini sempat menyerang di berbagai negara di belahan dunia. Karena menular dari unggas, yang mana merupakan salah satu sumber makanan utama manusia.


  • SWINE FLU. Kejadian flu babi yang disertai panik massal pertama kali di dunia adalah tahun 1976. Pemerintah Amerika mengeluarkan vaksin anti flu babi ketika itu. Pada akhirnya, lebih banyak orang yang meninggal karena efek samping vaksin daripada karenya flu itu sendiri.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar